Contoh Rencana Bisnis Beserta Pembahasannya

Contoh Rencana Bisnis

Rencana bisnis biasanya berupa dokumen terperinci yang berisi strategi guna mencapai tujuan dan misi bisnis. Dokumen tersebut juga menjelaskan tentang seperti apa seharusnya perusahaan dalam beberapa tahun kemudian. Bagi startup, tentu rencana bisnis menjadi langkah awal sebelum menjalankan suatu usaha. Bawah ini ada beberapa contoh rencana bisnis yang lengkap dengan penjelasannya.

Contoh Rencana Bisnis & Pembahasannya

Ringkasan Eksekutif

Pengusaha akan menyajikan secara padat dan ringkas mengenai bisnis baru serta mengapa itu kemungkinan berhasil. Pengusaha juga berusaha untuk meyakinkan investor agar bersedia mendanai bisnis. Investor kerapkali fokus dengan bagian ringkasan eksekutif, sebab mereka tidak memiliki banyak waktu untuk membaca dokumen hingga berlembar-lembar.

Sehingga, saat mereka tertarik dengan bagian ini, maka kemungkinan juga akan bersedia membaca bagian yang selanjutnya. Di dalam ringkasan eksekutif, pengusaha biasanya akan menyertakan berbagai informasi seperti produk dan layanan, misi, lokasi bisnis, target pasar, informasi keuangan, time dan manajemen, serta rencana pertumbuhan.Contoh Rencana Bisnis

Pernyataan Misi

Pernyataan misi akan membantu menjawab pertanyaan tentang mengapa dihadirkan bisnis baru. Berbeda dengan bagian yang lain, konten dalam bagian ini umumnya singkat sekali. Selain misi, pengusaha juga mungkin menyajikan berbagai detail mengenai tujuan selama jangka pendek di masa depan.

Tinjauan Lingkungan Bisnis

Pengusaha akan mendetailkan informasi mengenai pasar yang mana tempat beroperasinya perusahaan. Contoh rencana bisnis bagian ini akan menjabarkan berbagai peluang lewat analisa persaingan dan pasar. Mereka pun memberikan informasi mengenai tantangan bisnis guna memberitahu investor seputar risiko yang ada pada bisnis.

Tinjauan Operasi Bisnis

Pengusaha tentunya memberikan informasi secara rinci mengenai bisnis baru. Mereka akan menjabarkan taktik dan strategi guna mengeksploitasi peluang serta meminimalkan risiko. Selain itu, juga ada penjelasan seputar keunggulan kompetitif guna menunjang keberhasilan bisnis. Kemudian, pengusaha melakukan perincian berbagai aspek mengenai fungsi bisnis.

Prakiraan Keuangan

Pada bagian ini, maka pengusaha akan menguraikan perkiraan kebutuhan pendanaan dan hasil operasi, umumnya untuk 3 atau 5 tahun ke depannya. Mereka akan menjelaskan mengenai berbagai aspek penting mengenai keuangan bisnis, seperti pendapatan, biaya, struktur modal target, laba, dan arus kas.

Sekiranya tersedia, maka pengusaha wajib mempelajari detail mengenai norma industry serta laporan keuangan milik pesaing guna memberikan wawasan dalam proyeksi keuangan. Selanjutnya, pengusaha menjabarkan perencanaan pendanaan ke depannya, antara lain jumlah dana yang diperlukan dan rincian pengunaannya, persyaratan mengenai pendanaan, pengembalian modal, serta target struktur modal.

Lampiran

Pengusaha pastinya juga memakai lampiran guna menyediakan suatu dokumen pendukung maupun bahan lainnya.

Nah, itulah beberapa contoh rencana bisnis yang sangat penting untuk diketahui. Perlu diingat kembali bahwa perencanaan bisnis yang menjadi tahap paling penting sebelum melakukan eksekusi strategi bisnis apapun itu.  baca juga: Mengenal 9 Strategi Bisnis Bank 

McGee

McGee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.