Fungsi Dari Bank Indonesia

Fungsi Dari Bank Indonesia

Anda pasti pernah mendengar yang namanya Bank Indonesia atau BI. Bank yang masuk kategori Lembaga Negara ini merupakan Bank Sentral Indonesia dan memiliki beberapa peranan krusial dalam urusan keuangan bagi Tanah Air kita Indonesia. Kali ini kita akan melihat apa saja fungsi Bank Indonesia tersebut.

Beberapa Fungsi Bank Indonesia

Membuat dan Menjalankan Kebijakan Moneter

Fungsi pertama dari Bank Indonesia adalah membuat dan menjalankan yang namanya Kebijakan Moneter. Dengan adanya kebijakan ini dapat membuat persediaan uang di sebuah negara tetap stabil dan mencegah terjadinya penyebaran uang yang terlalu besar atau terlalu sedikit. Jadi secara gampangnya Bank Indonesia mempunyai wewenang untuk mengeluarkan uang dan menghancurkan uang agar tidak terjadi yang namanya krisis keuangan di Indonesia.Fungsi Dari Bank Indonesia

Tidak hanya mengatur soal keuangan saja, tetapi BI juga memiliki fungsi untuk mengatur suku bunga Bank serta surat-surat berharga lainnya. Hal ini bertujuan untuk membuat perputaran uang di Indonesia bisa tetap stabil, karena jika suku bunga dan surat-surat berharga sampai memiliki harga yang terlalu diatas atau terlalu dibawah bisa menyebabkan uang kurang bisa digunakan sebagai sistem pembayaran yang utama.

Mengatur Sistem Pembayaran

Saat ini kita sudah mengetahui bahwa sistem pembayaran yang sah di Indonesia adalah dengan menggunakan uang tunai. Namun, seiring berjalannya waktu mulai bermunculan beberapa sistem pembayaran yang digunakan seperti uang virtual yang contohnya ada Dana, Gopay, OVO dan uang virtual lainnya.

Bank Indonesia juga memiliki fungsi untuk mengatur serta menjaga sistem pembayaran baik uang tunai maupun uang virtual yang digunakan di Indonesia. Agar fungsi Bank Indonesia tersebut bisa berjalan dengan baik maka dibutuhkan pengaturan dan sistem yang sangat baik juga.

Menjadi Pengawas Dari Bank-Bank yang Ada di Indonesia

Fungsi terakhir dari Bank Indonesia adalah menjadi pengawas atau pengatur bagi semua Bank yang ada di Indonesia. Karena BI adalah Bank Sentral Indonesia maka semua Bank harus menuruti peraturan yang dibuat oleh Bank Indonesia. Hal tersebut dikarenakan BI memiliki wewenang yang paling tinggi dari semua Bank dan berhak menutup sebuah Bank jika sampai terjadi kecurangan pada Bank tersebut atau ada Bank yang membuat penyebaran uang di Indonesia menjadi tidak stabil lagi.

Untuk gampangnya BI merupakan Polisinya Bank-Bank yang ada di Indonesia. Jadi ketika BI mengetahui ada Bank yang melakukan tindakan kecurangan maka Bank Indonesia bisa menutup Bank yang bermasalah tersebut.

Demikian beberapa fungsi Bank Indonesia dalam mengatur keuangan negara serta menjaga agar penyebaran uang tidak menjadi terlalu banyak atau terlalu sedikit. Bank yang memiliki kantor pusat di Jakarta Pusat ini merupakan Lembaga Negara yang didirikan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia pada tanggal 1 Juli 1953. baca juga: Peran Bank Indonesia Sebagai Bank Sentral

McGee

McGee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.