Inilah Beberapa Sumber Dana Bank

Sumber Dana Bank

Masyarakat pasti tidak asing dengan bank yang digunakan sebagai tempat penyimpanan uang. Namun, sebagian besar masyarakat tidak mengetahui dari mana sumber dana bank berasal. Dunia perbankan di Indonesia menghimpun dana lalu disalurkan kembali kepada masyarakat. Himpunan dana tersebut didapatkan dari berbagai aspek, baik lembaga, cadangan laba bank hingga individu.

Beberapa Sumber Dana Bank

Masyarakat

Kegiatan operasional bank bisa berjalan dengan baik apabila ada sumber dananya. Karena dana itulah yang menjadi ukuran keberhasilan dari sebuah bank apabila dapat membiayai kegiatan operasionalnya menggunakan sumber dana tersebut. Salah satu dana pada sebuah bank adalah dari masyarakat.

Dalam hal ini, dana diperoleh dari berbagai bentuk simpanan yang dilakukan oleh masyarakat seperti simpanan deposito, simpanan tabungan, dan simpanan giro. Simpanan giro tersebut merupakan dana termurah dibandingkan dengan simpanan deposito dan simpanan tabungan karena balas jasa atau bunga yang dibayarkan termasuk paling murah.Sumber Dana Bank

Laba bank yang belum dilakukan pembagian

Sumber dana kedua adalah dari laba milik bank. Laba yang menjadi sumber dana yakni laba yang belum dilakukan pembagian dan sementara waktu digunakan untuk modal di tahun tersebut. Keuntungan dari sumber dana ini yakni pembayaran bunga dalam jumlah besar pada lembaga yang lain tidak perlu dibayarkan.

Sedangkan kerugiannya yakni waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah dana yang besar tergolong lebih lama. Hal ini disebabkan oleh saham yang dijual pada pihak lainnya memerlukan waktu yang cukup lama dan cukup sulit dilakukan.

Lembaga lain

Jika sumber dana utama yang bersumber dari masyarakat dan dari milik bank mengalami kesulitan ketika akan dicairkan, maka sumber dana bank dari lembaga yang lain dapat dijadikan sebagai tambahan. Kekurangan sumber dana ini adalah pencairannya tergolong lebih mahal serta sifatnya tentatif saja.

Pada umumnya, dana yang bersumber dari lembaga lainnya digunakan untuk pembayaran atau pembiayaan transaksi tertentu. Adapun sumber dananya bisa diperoleh dari beberapa lembaga seperti call money atau pinjaman antar bank, SBPU atau Surat Berharga Pasar Uang, bank luar negeri, dan kredit likuiditas bersumber dari Bank Indonesia.

Setoran modal dari pemegang saham

Sumber dana juga diperoleh dari modal para pemegang saham baik baru maupun lama. Setoran dana tersebut disetorkan oleh para pemegang saham semenjak bank berdiri secara efektif. Sebagian setoran modal pertama yang didapatkan dari pemilik bank digunakan untuk promosi pada masyarakat, pengadaan sarana perkantoran dan peralatan kantor.

Cadangan laba bank

Sumber dana bank juga diperoleh dari laba bank yang dicadangkan setiap tahunnya dan belum digunakan sementara waktu. Laba bank tersebut disisihkan berbentuk cadangan modal maupun cadangan lainnya yang bisa menutup resiko yang suatu saat bisa terjadi. baca juga: Cara Transfer Saldo Dana ke Bank BRI

McGee

McGee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.