Internet Banking, Solusi Memanjakan Nasabah

Internet Banking, Solusi Memanjakan Nasabah

Kecanggihan teknologi saat ini telah merambat ke berbagai sektor termasuk sektor perbankan. Para nasabah khususnya kaum milenial yang anti ribet dan pemburu kemudahan sangat diuntungkan dengan inovasi sistem perbankan baru yang disebut internet banking atau E-Banking.

e-Banking adalah fasilitas yang disediakan oleh bank untuk memudahkan transaksi nasabah. Biasanya merupakan web resmi dari sebuah bank yang dapat digunakan untuk meng-update data diri selain melakukan transaksi keuangan.

Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Nasabah Dalam e-Banking?

Fasilitas e-Banking ini seperti memindahkan aktifitas perbankan yang semula offline, menjadi online. Nasabah tidak perlu lagi pergi ke unit cabang sebuah bank hanya untuk bertransaksi. Semua bisa dilakukan melalui layanan internet banking. Layanan tersebut diantaranya adalah:

  1. Transfer Dana

  2. Melakukan Pengecekan Saldo dan Mutasi

  3. Melakukan Pembayaran Tagihan, e-Commerce dan membeli pulsa handphone

  4. Pemberian Informasi Terkait Kartu Kredit dan Program Bank yang Sedang Berjalan

  5. Pemberian Informasi Perihal Nilai Kurs yang Sedang Berlaku

Bagaimana Cara Pendaftarannya?

Meski tiap bank memiliki ketentuan sendiri, namun pada dasarnya cara yang berlaku untuk mendaftar internet banking hampir sama. Pendaftaran dapat dilakukan melalui customer care dengan mendatangi kantor cabang bank terdekat, atau dilakukan secara mandiri melalui ATM bank.

Jika anda melakukan pendaftaran melalui customer service, pastikan anda membawa tanda pengenal seperti KTP, buku tabungan serta nomor yang akan anda gunakan untuk fasilitas e-Banking. Anda hanya perlu mengikuti instruksi dari customer service dan semua proses akan ditangani oleh customer service. Setelah prosesnya selesai, anda akan mendapatkan token untuk aktivasi saat anda login e-Banking.

cara daftar internet banking yang kedua adalah melalui ATM. Tidak seperti cara sebelumnya, disini anda hanya perlu memilih menu daftar internet banking dan membuat pin internet banking anda sendiri. Setelah itu, anda akan mendapat ID yang akan anda gunakan untuk login di e-Banking. Anda juga akan mendapatkan nomor token yang akan anda gunakan untuk aktivasi.Internet Banking, Solusi Memanjakan Nasabah

Setelah anda membuat akun, anda hanya tinggal login dengan memasukan id dan password yang telah anda buat, menyetujui syarat dan ketentuan serta melakukan verifikasi melalui email. Nomor token yang sebelumnya diberikan itu sangat penting, karena jika anda tidak aktivasi menggunakan nomor token ini, anda tidak akan bisa menggunakan layanan e-Banking anda.

Apa Keuntungan Menggunakan e-Banking?

Dalam setiap inovasi yang dilakukan sebuah perusahaan layanan jasa, pasti memiliki tujuan untuk mempermudah aktifitas konsumennya, termasuk fasilitas e-Banking. Fasilitas ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi. Nasabah tidak perlu repot pergi ke unit cabang hanya untuk melakukan transfer. Nasabah bisa langsung menggunakan internet banking.

Proses yang cepat dan efisien membuat nasabah dapat melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun karena fasilitas ini bekerja selama 24 jam setiap harinya dengan catatan, nasabah memiliki koneksi internet yang cukup kuat untuk mengakses web resmi dari bank yang digunakan.

Selain keuntungan bagi nasabah, ternyata manfaat fasilitas ini juga dapat dirasakan oleh pihak bank penyelenggara. Bagi pihak bank keuntungan internet banking adalah sebagai berikut :

  1. Keuntungan Kompetitif

Bagi bank yang memiliki fasilitas e-Banking, tentu akan terlihat lebih unggul dari bank yang tidak menyediakan fasilitas ini. Bank akan dipandang sebagai pihak yang customer oriented karena mengedepankan kenyamanan dan kemudahan transaksi bagi nasabah.

  1. Meningkatkan Pendapatan Dan Mengurangi Biaya Operasional

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, internet banking adalah fasilitas yang memindahkan transaksi offline ke online. Dengan begitu, pihak bank tidak memerlukan unit cabang yang besar untuk pelayanan transaksi, karena sudah bisa dilakukan secara mandiri oleh nasabah.

  1. Loyalitas Nasabah

Setelah bank memberikan pelayanan yang memperhatikan kemudahan pelanggan, maka feedback dari nasabah adalah loyalitas. Nasabah yang merasa dimudahkan tentu akan lebih sering menggunakan pelayanan dari pihak bank. Bahkan mungkin dapat sekaligus menjadi agen penyampai pesan untuk menarik nasabah baru dengan testimoni kemudahan yang telah mereka dapatkan.

Kelemahan Penggunaan e-Banking

Tidak pernah ada teknologi yang sempurna, selain memberikan manfaat internet banking juga memiliki celah atau masalah. kelemahan fasilitas ini berasal dari luar pihak bank dan nasabah, namun berkaitan dengan performa pihak bank.

Kelemahan tersebut adalah kenyataan bahwa fasilitas ini rawan mendapatkan serangan hacker atau cyber crime. Kasus seperti pencurian data nasabah atau skimming hingga pencurian dana dapat terjadi jika anda tidak hati-hati dalam menggunakan e-Banking. Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Memakai Mobile Banking

Selain menguji kehati-hatian nasabah, kasus sejenis ini juga secara langsung menguji keamanan dari website resmi yang digunakan untuk internet banking. Semakin kompleks tingkat keamanan website yang disediakan pihak bank, maka rasa aman dan kepercayaan dari nasabah bisa mereka dapatkan.

Tips Untuk Menghindari Cyber Crime

  1. Hanya gunakan situs resmi yang disediakan oleh pihak bank. Jangan mudah terkecoh dengan situs abal-abal yang menggunakan nama bank yang anda pakai.

  2. Ganti pin secara berkala, minimal 6 bulan sekali. Untuk menghindari kemungkinan pin atau password anda diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Gunakan juga anti virus pada perangkat mobile anda seperti handphone dan laptop untuk mendeteksi aktivitas mencurigakan.

  3. Hindari penggunaan layanan internet banking pada fasilitas umum seperti wifi gratis yang disediakan di tempat umum, komputer kantor atau warnet. Jika terpaksa melakukannya, pastikan anda menghapus history pencarian anda sebelum anda mematikan komputer.

Semoga tips diatas dapat membantu anda terhindar dari kegiatan cyber crime. Selalu waspada dan tetap berhati-hati.

McGee

McGee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.